Rabu, 02 November 2011

Komersialitas Adzan

Produsen, menggunakan segala celah untuk membuat iklan produk mereka sebagai strategi pemasaran. Yang terjadi kemudian, banyak acara yang kemudian diselingi dan disisipi iklan terselubung. Banyaknya acara reality show, kemudian dimanfaatkan pihak sponsor untuk menjajakan produknya terselip dalam acara tersebut. Sehingga yang terlihat pemeran show menggunakan produk sponsor dalam siaran mereka.

Namun sayangnya, ada beberapa yang kemudian kurang pas dalam pemanfaatan lahan iklan. Seperti yang aku lihat beberapa hari yang lalu. Tadinya bermaksud mencari siaran adzan Maghrib di televisi lokal, yang aku temukan adalah adzan untuk daerah Surabaya dan sekitarnya dari stasiun swasta lokal propinsi. Tadinya gak terlalu memperhatikan, tapi kemudian ibu nyeletuk kalo ada iklannya di siaran adzannya. Kemudian aku perhatikan, ternyata benar, ilustrasi gambaran dalam adzan menunjukkan beberapa produk muncul dalam siaran beberapa menit ini.

Sebenarnya pantas gak sih, siaran adzan diisi dengan ilustrasi seperti itu? Kebanyakan siaran adzan memang menampilkan ilustrasi, yang kadang tidak ada sambungannya sama sekali dengan ibadahnya. Bahkan ada stasiun televisi yang ilustrasi adzannya ada ceritanya. Kalo itu sih sebenarnya gak terlalu bermasalah, yang penting kan kumandang adzannya. Tapi kalo ada komersialitas di sini, sepertinya siaran ini bukan siaran yang pas untuk ditampilkan iklan di dalamnya.

Lebih pas kalo kemudian acara memasak, ada iklan peralatan memasaknya, yang sebenarnya juga kurang pas karena peralatan memasak tidak terlalu berpengaruh dalam rasa masakannya. Tapi kalo kemudian acara memasak itu ada iklan vitaminnya, kayanya itu juga gak ada sambungannya dengan rasa dan proses masakannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya