Minggu, 13 November 2011

Bikin Tulisan Dibaca Banyak Orang

1. Membuat ide dasar tulisanIni perlu dilakukan biar postingan gak melebar ke mana-mana. Nantinya akan membahas ide intinya, sedangkan perluasan topik gak perlu selebar kecamatan, karena udah terbatasi dengan kerangka ide dasarnya.

2. Menghindari menulis tentang kebohonganDalam artian tulisan yang dibuat bukanlah kebohongan publik, hasutan atau penghinaan kepada orang atau golongan lain. Isi tulisan seharusnya juga dapat dipertanggungjawabkan secara moral dan gak asal.

3. Membuat riset yang diperlukanBiar isi tulisan gak asal tulis (biasanya pengetahuan umum), kalo perlu buat riset, cari referensi yang banyak, dan juga banyak membaca, pasti deh postingannya akan top abis dan berkualitas. Asal nyambung pula riset yang dilakukan, jangan sampe mau nulis tentang ketela tapi yang diriset malah jeruk, kan nantinya tulisannya jadi ketela rasa jeruk.

4. Mempersiapkan media penyimpanan ideKadang ide datang gak kira-kira, pergi pun dengan tiba-tiba. Maka dari itu siapkan toples buat nyimpen ide yang datang dengan seketika. Kalo gak punya toples, bolehlah kertas dan pulpen atau pensil buat sketsa dan rancangan tulisan, mesin ketik, laptop, atau komputer. Jangan sampai ide yang muncul tenggelam dengan perlahan jika tidak diberi wadah untuk menampungnya.

5. Menghargai pendapat lain yang berbedaBolehlah menulis suatu hal yang masih meragukan, karena bisa akan jadi bahan pembahasan dalam komeng-komeng pengunjungnya. Tapi yang perlu diingat adalah setiap pendapat bisa saja berbeda, maka menghargai pendapat yang berbeda itu yang perlu dilakukan. Penekanannya adalah bahwa kebenaran hanya milik Allah semata. Sekali waktu main-main ke blog lain buat belajar dan survei teknik-teknik gaya penulisan yang berbeda.

6. Tidak menunjukkan kebebalan dalam tulisanKalau menunjukkan kebodohan dan usaha untuk mau belajar sih bagus, tapi kalo menulis tentang sesuatu pendapat secara sepihak, padahal udah ada yang menjelaskan dan membahas dengan benar, itulah yang harus dihindari. Ingat lagi, bahwa manusia mungkin tidak tahu apa yang dia pikir itu benar atau salah, tapi hal itulah yang mendorong manusia untuk mau belajar.

7. Memberi judul yang hebohAsal judul dan isi tulisan nyambung aja, walaupun posting ngawur asal tetap nyambung dan kalaupun kurang nyambung jangan sampe terlalu jauh pelebarannya.

8. Tidak perlu mengikuti arusSering disarankan buatlah tulisan tentang peristiwa apa yang sedang heboh agar tulisannya ikutan heboh juga. Sebenarnya ini nggak perlu juga sih, karena kita masing-masing sebenarnya punya ide yang berbeda-beda. Lagian tidak ada batasan khusus dalam menulis. Semua terserah penulisnya.

9. Membuat tulisan yang intinya dikuasaiMisalnya menguasai ilmu dalam bidang IT, maka sebanyak mungkin membuat tulisan dari bidang IT. Tapi mengingat lagi tidak ada batasan khusus dalam menulis, bisa juga melebar ke bidang lain, asal sudah dipastikan bahwa bahasan yang akan ditulis bukan hoax karena pemahaman pribadi yang dipaksakan.

10. Mencantumkan sumber untuk tulisan yang posting ulangPenting untuk mencantumkan sumber (atau juga gambar dan foto terkait) agar tulisan tidak berbau plagiat, repost abis, atau juga hoax. Kalo tulisan diambil dari buku, ya tulis sumbernya (kaya buat makalah gitu lah), kalo diambil dari internet cantumkan alamat url-nya, lebih bagus lagi membuat link langsung ke sumber tulisannya. Meskipun hanya berupa referensi, tapi sumber tulisan juga masih cukup penting untuk dicantumkan.

11. Memakai ejaan yang benar dan menghindari memakai ejaan 4L4YUdah sering liat kan ejaan 4L4Y atau alay? Ejaan yang kaya tulisan SMS, yang beberapa hurufnya diganti angka, nggak jelas besar kecilnya tulisan, yang parah lagi membuat tulisan 10 paragraf tanpa spasi, kasihanilah pembacanya, bisa-bisa mereka capek menerjemahkan tulisan tersebut (apalagi kalo gak tersedia subtitlenya).

12. Memeriksa ulang tulisanIni untuk meminimalisir kesalahan tulis atau ketik, dan juga mengkoreksi kata-kata yang kurang tepat dalam pemaduan dengan kalimatnya. Selain itu juga untuk memahamkan diri sendiri tentang isi tulisan tadi dan bisa jadi ada ide yang kelupaan ditulis sehingga bisa ditambahkan.

13. Menajamkan ideJangan hanya sering mangkal di FB aja, tar bisa ketularan ngeblog cuma update status, mencet tombol ‘Like’, menandai foto, atau main game (emang di blog bisa ya?). Sering-sering baca di forum atau blog lain yang bermanfaat bisa lebih memperkaya ide dan gaya penulisan, siapa tau bisa memunculkan keistiqomahan ide yang terus mengalir sehingga kita bisa sering-sering buat tulisan yang bermutu, atau bisa juga membuat pembahasan dan kesimpulan tentang suatu masalah.

14. Memposting tulisanIni dia salah satu kunci penting agar tulisan bisa dibaca banyak orang. Ya jelaslah, mana bisa tulisan dibaca banyak orang kalo cuma dibuat untuk disimpan di harddisk atau flashdisk, berbagilah ilmu dalam tulisan dengan orang lain, maka postinglah. Bisa di blog, forum, jejaring sosial, situs berita terbuka, asal posting. Kalo perlu, sebanyak mungkin punya akun di beberapa domain biar tulisan tersebar luas.

15. Memilih waktu yang tepat untuk postingIni yang paling penting, banyak orang menganalisa kapan waktu yang tepat buat posting biar tulisan bisa dibaca banyak orang. Kalo buat aku, waktu yang paling tepat adalah saat online dengan internet. Mau posting pagi, siang, sore, malam, atau dini hari, tapi kalo gak online nunggu sampe kucing hitam beruban pun gak akan nyampe tuh postingan ke webserver.

16. LegawaKalo udah menerapkan langkah-langkah di atas, udah posting tapi ternyata gak ada yang baca, yah diterima saja dengan ikhlas, karena sebenarnya dengan posting aja udah merupakan satu langkah kemajuan daripada tulisan gak diposting. Kalopun ternyata postingan dinilai gak berkualitas atau dianggap postingan sampah, tetap diterima dengan ikhlas, barangkali emang tulisan tidak sesuai dengan pemahaman banyak orang. Tetap percaya diri saat gak ada yang bisa dipercaya.

Ini cara singkat aja yang biasanya aku lakukan untuk membuat tulisan bisa dibaca banyak orang, ada istilah ‘Kerjakan yang kamu tulis, tulis yang kamu kerjakan’. Banyak tips-tips lain yang beredar dan biasanya dari para blogger senior-senior yang sangat berpengalaman. Mungkin teman-teman juga punya cara sendiri-sendiri yang lebih hebat, maka jangan malu-malu untuk memenuhi kotak komeng buat berbagi tips-tipsnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya