Kamis, 10 November 2011

Gecko

Ada sebuah cerita yang cukup menarik, meskipun sebenarnya sangat sederhana dan standar. Kalo ada lagu Sang Kodok, yang menceritakan cerita dari kodok, kemudian sambung-menyambung dengan hewan-hewan lain, cerita ini juga seperti itu, cuma tokohnya di sini bukan kodok, melainkan tokek. Tokek bermasalah dengan kunang-kunang, kunang-kunang bermasalah dengan burung pelatuk, burung pelatuk bermasalah dengan katak, katak bermasalah dengan kumbang hitam, kumbang hitam bermasalah dengan kerbau, kerbau bermasalah dengan hujan, dan terakhir hujan bermasalah dengan tokek.

Ada hikmah yang terkandung dalam cerita tadi, bahwa setiap orang punya masalah sendiri-sendiri, maka dari itu diperlukan hidup damai dan saling pengertian dengan tetangga di lingkungannya. Dan terlebih lagi, terkadang masalah itu akan berpengaruh kepada penghuni lainnya, dan seringnya kemudian masalah akan berputar balik ke dirinya sendiri.

Terkadang juga untuk menyelesaikan masalah berantai seperti ini diperlukan seorang yang bijak dan arif sebagai penengah dan pembimbing, dalam cerita ini ditunjukkan dengan sosok kepala desa, yang dengan sabar mendengarkan cerita semua penghuni dan memberi keputusan akhir dengan tanpa merugikan pihak manapun.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya