Kamis, 24 November 2011

Keranjang Sampah yang Membandel

Ini pengalaman yang baru aku alamin. Begini ceritanya, di laptopku ada beberapa file yang udah masuk Recycle Bin dan gak bisa dihapus (Empty Recycle Bin). Pas di-empty gitu, muncul pesan bahwa ada file tertentu yang tidak bisa dihapus karena sebab-sebab tertentu gitu (kalo gak salah ‘Folder is not empty’). Aku udah pake beberapa cara dan program utility (seperti Tune-Up, CCleaner, atau System Mechanic), tapi itu Recycle Bin tetep menunjukkan kalo ada isinya (pas diproses dengan program-program tadi, beberapa file diindikasikan ‘corrupt and unreadable’).

Kemudian aku coba cari di Forum Computer, siapa tau aja ada caranya. Bener juga, ada beberapa orang yang mengalami masalah yang sama. Dari beberapa solusi yang muncul, aku coba-coba beberapa, tapi kemudian belum ada yang berhasil. Akhirnya aku bereksperimen sendiri dari beberapa solusi yang ada tadi. Pada prinsipnya, di tiap drive akan ada folder Recycler (atau Recycled) secara otomatis saat menginstal OS. Nah, kuncinya adalah setiap file yang dihapus dari drive tertentu, maka dia akan masuk di folder Recycler di drive yang sama. Misalnya yang dihapus di drive D:\, maka file akan ada di lokasi folder D:\Recycled.

Masalahnya adalah folder-folder Recycler itu secara otomatis oleh sistem akan diberi status Super Hidden, artinya hanya dengan mensetting tampilan dengan menampilkan file-file yang disembunyikan oleh sistem saja maka file akan tampil. Atau kalau nggak gitu atribut Super Hiddennya dihilangkan. Nah kalo yang ini aku udah bisa caranya sejak lama, yaitu lewat prompt (bisa lewat Save Mode atau langsung dari Run). Aku lebih suka lewat Run yang tidak perlu merestart komputer. Melalui jendela Run ini, diketikkan ‘cmd’ dan OK kemudian. Maka keluarlah tampilan mirip DOS jadul, yang bernama Command Prompt.

File-file yang tidak bisa dihapus tadi dulunya ada dari drive D:, maka aku harus mencari folder Recycler di drive D: (lokasinya di D:\Recycled). Untuk mencarinya tidak bisa menggunakan perintah seperti biasa aja (misalkan: ‘DIR D:’), tapi harus pake atribut, sehingga menjadi ‘DIR D:/a’ (menampilkan semua isi direktori), ini dikarenakan file yang ter-Super Hidden disetting demikian. Saat kemudian muncul foldernya Recycler, maka di prompt berikutnya segera aku ketikkan perintah ‘ATTRIB –R –S –H D:\RECYCLED’, ini berguna untuk menghilangkan atribut Super Hidden dari folder Recycled ini.

Langkah berikutnya adalah menghapus semua file yang ada di dalam folder tersebut. Aku memakai perintah ‘DEL D:\RECYCLED\*.*’, muncul pesan konfirmasi untuk meyakinkan perintah tersebut, tanpa ragu aku pencet ‘Y’ untuk segera melanjutkan penghapusan. Jika kemudian udah muncul prompt lagi tanpa ada pesan tambahan, berarti penghapusan udah sukses. Maka langkah berikutnya adalah mengembalikan status folder Recycled menjadi Super Hidden kembali, yaitu dengan perintah ‘ATTRIB +R +S +H D:\RECYCLED’, dan kemudian keluar dari Command Prompt dengan mengetikkan ‘EXIT’.

Langkah terakhir adalah merestart komputer dan kemudian secara mengejutkan Recycle Bin udah bersih. Berarti langkah coba-coba ini terbukti ampuh di laptopku, tapi mungkin tidak berhasil untuk kasus-kasus tertentu. Memang, beda masalah beda solusinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya