Kamis, 21 Juli 2016

Bersepeda Ngikutin Truk

Dulu waktu sekolah naik sepeda, sering banget ketemu yang namanya truk. Maklumlah, jalan yang aku lalui itu jalan propinsi, jadi teman perjalanannya ya kendaraan-kendaraan besar kaya gitu.

Pernah kalo ketemu truk itu ngikutin dari belakang. Apalagi truk kan besar, jalannya pelan. Nggak kaya bis, besar tapi jalannya kenceng. Dan kepelanan truk itu adalah salah satu peluang buat tiba di sekolah lebih pagi. Maklum kan kalo makin kenceng ngayuh sepedanya, nyampe sekolah bisa lebih menyingkat waktu.

Kelakuan ini sebenernya juga ngikutin pesepeda lain juga. Sering banget ketemu sama truk yang tau-tau pas nyalip, di belakangnya ada anak-anak sekolah yang bersepeda, dan seolah memburu truknya. Makanya sekali-kali aku juga ngikutin gitu. Hasilnya, ke sekolah yang biasanya butuh waktu 35 menit, hanya 15 menit udah nyampe. Tentu saja dengan keringat yang lebih banyak dan deras.

Tapi dengan seperti itu aku jadi punya tips buat yang mau bersepeda dengan ngikutin kendaraan seperti truk tadi. Berikut ini tips-tipsnya.
  1. Kalo mau bersepeda ngikutin truk, pastikan kalian berada di belakang truknya. Jangan di depan. Kalopun di depan, hadaplah berlawanan dengan arah truk, jangan ke arah truk. Dan kalo udah gitu, itu berarti bukan kalian yang ngikutin truk, tapi kalian yang dikejar truknya.
  2. Pastikan truk memiliki sistem pengereman yang bagus. Cek remnya, jangan sampe truk tadi menggunakan sistem pengereman menggunakan sandal jepit. Bisa-bisa kalo ada pengereman mendadak, kalian baru tau kalo truk itu berhenti saat truk menabrak pagar rumah orang.
  3. Pastikan juga sepeda kalian punya pengereman yang bagus. Karena bisa jadi truk mengerem mendadak di jalan, dan kalian ada di belakangnya nggak tau lingkungan sekitar. Kalo pas truk tiba-tiba mengerem, dan tau-tau kalian udah ada di depan truk, berarti kalian udah menyalip truk tersebut. Ini fakta!
  4. Pakai perangkat perlindungan diri. Pakai helm, pelindung siku dan lutut, sabuk pengaman, kalo perlu pakai pengawalan polisi.
  5. Amankan lingkungan dan pastikan ngikutin truk itu adalah ide terbaik yang kalian dapatkan waktu itu.
  6. Hal yang utama kalo mau bersepeda ngikutin truk, pastikan kalian sedang bersepeda, dan pastikan yang di depan kalian itu truk.
  7. Di atas segala hal, ngikutin truk itu tindakan yang berbahaya. Lebih baik buat kalian hindari.

Itu tadi tips-tips yang bisa dipakai buat ngikutin truk pake sepeda. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya