Rabu, 10 Desember 2014

Di Mata Orang

Seekor kupu-kupu tidak pernah mengenal warna dan dan coraknya. Tapi setiap orang yang melihatnya pasti tahu bahwa kupu-kupu itu punya warna dan corak yang indah.

Seorang bayi bergerak dan berperilaku yang bagi mereka wajar. Meskipun mereka tidak bermaksud melucu, tapi setiap orang yang melihat gerakan bayi itu pasti berpikir bahwa bayi itu lucu dan menggemaskan.

Seseorang mungkin tidak menyadari bau yang dipancarkan dari badan mereka, entah itu harum atau nggak enak. Tapi orang-orang di sekitarnya yang bisa mencium bau itu dan mengenalinya sebagai bau dari seseorang itu.

Apa persamaan atau arti dari ketiga analogi itu? Orang lain di luar kita sendiri yang memperhatikan kita, mungkin tanpa kita sadari. Tapi sebenarnya apa yang dilihat orang lain itu belum tentu bahwa itulah diri kita. Itu karena orang melihat kita dari apa yang mereka lihat. Orang melihat kupu itu indah, padahal sebelumnya kupu-kupu itu adalah ulat. Bayi nggak bermaksud melucu tapi yang dilakukannya pasti terlihat lucu. Kita bisa terlihat sombong di mata orang, padahal bisa jadi kita adalah orang yang pendiam atau kaku, yang jarang menyapa orang.

Udah gitu aja.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya