Selasa, 10 Januari 2012

Karena Satu Orang

Prosedur pekerjaan sudah dikerjakan semua, setiap tahap demi tahap pekerjaan selesai, klarifikasi dan konfirmasi sudah dilakukan, dan tinggal tahap akhir untuk mengirim rekap ke pihak ketiga. Tapi ternyata, karena perubahan data dari salah satu personil, maka pengiriman rekap dibatalkan dan harus diulang pengerjaannya.

Memang tidak dimulai ulang dari pertama, hanya beberapa data yang berhubungan dengan rekap akhirnya, tapi tetap saja merupakan pekerjaan yang berat, selain harus membuka ulang komputer dan file yang dibutuhkan, waktu yang dihabiskan jadi lebih banyak dan molor. Dan akhirnya waktu pengiriman tidak tepat pada rencana semula.

Mungkin seorang itu tidak lebih penting daripada keseluruhan proses dan rencana, tapi tetap saja, seorang masih dibutuhkan untuk melengkapi keseluruhan proses dan rencana tersebut. Karena bisa jadi seperti yang terjadi di atas, keterlambatan seorang personil dalam perubahan data bisa berakibat pada berantakannya jadwal, berubahnya arah rencana, dan juga bisa berakibat pada keseluruhan tim.

Setiap personil juga punya andil dalam tim, bisa jadi seorang personil menguatkan seluruh tim, tapi bisa pula seorang personil menghancurkan tim. Tim yang kokoh terdiri dari beberapa personil anggota yang mempunyai visi dan keinginan yang sama, sehingga bisa saling menguatkan satu sama lain. Jika salah satunya keluar dari jalur yang ditetapkan, maka hal itu bisa merusak dan mengganggu personil tim yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya