Kamis, 12 Januari 2012

Mempertahankan Pilihan

Apa yang membuat seseorang mengalihkan konsentrasi dari sebuah pilihan yang telah dibuatnya, bosan dengan pilihannya, menyesal dengan pilihannya, ataukah ada pilihan lain yang lebih logis? Setiap orang harusnya menyadari, membuat suatu pilihan sudah melalui berbagai proses berpikir dan menimbang, sehingga keputusan yang muncul sudah pasti tidak perlu disangsikan lagi. Memilih memang tidak bisa lepas dari kehidupan setiap manusia. Banyak pilihan, banyak konsekuensi pula yang harus dihadapi.

Pilihan satu dengan yang lain bisa jadi mempunyai konsekuensi yang sama, hanya mungkin melewati proses yang berbeda. Sehingga perlu pemikiran lebih yang lebih menyempitkan kategori pertimbangan yang ada. Pada saat keputusan akhir telah diambil, pilihan mana yang akan dipilih, maka konsentrasi menjalani pilihan tersebut harus tetap terarah dan berada dalam jalur yang benar.

Satu hal lain yang juga dibutuhkan adalah keteguhan hati. Karena setiap pilihan akan ada tantangan dan rintangannya, maka di saat menghadapinya keteguhan hatilah yang akan berperan. Jika hati sudah goyah saat menghadapi hadangan berbagai rintangan dan tantangan, maka pasti akan jatuh di tengah perjalanan, tidak mampu lagi melanjutkan perjalanan menuju tujuan. Tapi jika keteguhan hati tetap ada dan konsisten, maka akan kuat menghadapi apapun yang ada di depannya. Dan mungkin tidak akan ada penyesalan jika dirasa pilihan yang telah dipilih itu malah memberikan banyak kesulitan baginya.

Memilih memang sesuatu yang berat, tapi menjalani pilihan juga tidak kalah beratnya pula. Dan akhirnya seseorang yang konsisten dan berpegang teguh pada pilihannya, dia akan mampu berjalan tegak sehingga mencapai tujuan pilihannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya