Senin, 30 Desember 2013

Parkir Bis

Parkir bis adalah sebuah taktik sepakbola ultra defensif yang beberapa orang juga menyebutnya sebagai sepakbola negatif, di mana sebuah tim yang hampir seluruh pemainnya menjaga wilayah pertahanannya dengan ketat, mencoba menutup semua celah pertahanan dengan menumpuk pemain di jantung pertahanan, serta sesekali mencoba mencari peluang dan kesempatan untuk memanfaatkan kelengahan tim lawan dan membuat skema serangan balik. Taktik ini biasanya dipakai untuk menghadapi tim-tim dengan kualitas serangan yang sangat rapi dan kuat, di mana serangan tanpa henti-hentinya dilakukan dan terus mengalirkan bola ke daerah pertahanan lawan.

Sering karena ketatnya pertahanan lawan, tim penyerang menjadi frustasi dan malah membuat kesalahan sendiri. Di Piala Dunia Perancis 1998, penyisihan grup antara Belanda vs Belgia, waktu itu Belgia dengan menggunakan taktik ini. Meskipun Belanda terus menerus mengurung dan membombardir pertahanan Belgia, pertandingan harus diakhiri tanpa gol. Bahkan penyerang Belanda, Patrick Kluivert, juga harus dikartu merah.

Banyak pihak dan penggemar sepakbola membenci taktik ini, karena mengurangi kenikmatan menyaksikan sepakbola. Banyak orang yang lebih suka dengan pertandingan yang saling serang dan bermain terbuka, sehingga memunculkan banyak peluang dari kedua tim dan juga menghasilkan banyak gol. Tidak sedikit pula yang mengkritik taktik ini sebagai taktik yang harusnya tidak ada dalam permainan sepakbola. Namun, bila disadari, sebenarnya tidak semua hal dalam taktik parkir bis adalah hal-hal yang negatif.

Taktik ini sendiri sebenarnya adalah sebuah respon dari sepakbola menyerang. Dalam hal menghadapi sebuah tim dengan kombinasi serangan yang sangat kaya dan variatif, diperlukan juga serangan yang juga gencar untuk mengimbanginya. Namun bila keadaan tim kurang maksimal untuk itu, sehingga seringkali serangan justru kandas sebelum benar-benar selesai dibangun, maka teknik parkir bis ini masih diperlukan.

Taktik parkir bis juga merupakan salah satu dari sekian banyak taktik di permainan sepakbola. Pro dan kontra akan pemakaian dan keberadaannya tentu saja sangat subyektif, sama seperti taktik-taktik yang lain, tergantung dari bagaimana lawan yang dihadapi. Mengabaikan tentang kebosanan saat menyaksikan taktik ini dipakai dalam sebuah pertandingan, tentu saja ada aspek-aspek lain yang juga masih sangat menarik untuk diperhatikan, seperti bagaimana efektifnya serangan balik cepat yang dipakai sebagai balasan saat lawan kehilangan penguasaan bola.

2 komentar:

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya