Senin, 12 Desember 2011

Pengalaman Perjalanan

Bepergian lebih baik daripada tiba di tujuan (Step Up 3D, 01:35:15 – 01:35:18). Saat seseorang dalam proses mencari dan mencapai tujuannya, banyak hal yang akan diperoleh, pengalaman, pembelajaran, permasalahan, pendewasaan, perenungan, pencerahan, pengamatan, dan sejenisnya. Banyak hal yang akan dialami, dan banyak hal yang harus diselesaikan. Banyak hal yang menunggu untuk dicapai, dan banyak hal yang ingin diraih.

Tapi begitu mencapai tujuan, praktis yang perlu dilakukan hanya mempertahankan apa yang ada agar tidak kembali jatuh dalam perjalanan panjang. Tidak ada lagi proses mencari pengalaman, pembelajaran, permasalahan, pendewasaan, perenungan, pencerahan, pengamatan, dan sejenisnya. Yang ada hanyalah mempertahankan. Apa yang diperoleh dari perjalanan, menentukan bagaimana seseorang bisa bertahan di tempat tujuannya.

Jika dalam perjalanannya banyak hal yang dipelajari dengan baik, apapun rintangan di tempat tujuan akan berlalu begitu saja, selesai dengan baik. Tetapi jika sebaliknya, perjalanan panjang masih akan menanti lagi. Sebuah proses, tidak bisa dilewatkan begitu saja. Seseorang yang memotong proses perjalanan, dia tidak akan mengalami mencari dan mencapai tujuannya, pengalaman, pembelajaran, permasalahan, pendewasaan, perenungan, pencerahan, pengamatan, dan sejenisnya. Jalan pintas yang dipilih agar cepat mencapai tujuan, justru akan menjerumuskannya di tempat tujuan. Jalan panjang perjalanan menyimpan sesuatu yang indah di tempat tujuan. Namun, jalan panjang perjalanan tidak akan membiarkan seseorang lewat dengan mudah.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya