Rabu, 14 Desember 2011

Pelajaran dari Carlos

Masalah tidak terletak pada posisi bolanya, tetapi bagaimana kita menendangnya. Roberto Carlos adalah seorang yang mempunyai keterampilan dalam mengarahkan bola dalam posisi yang sulit. Golnya dari tendangan bebas ke gawang Perancis di Tournoi de France tahun 1998 merupakan salah satu gol terindah di dunia. Letak bola yang terlihat mustahil bisa langsung masuk ke gawang (selain karena posisinya yang agak jauh di luar kotak penalti, juga karena posisinya tertutup oleh pagar pemain Perancis), dengan sempurna masuk ke gawang setelah melalui lintasan parabolik memutar ke luar pagar pemain Perancis. Tak hanya itu, salah satu gol terkenalnya adalah yang disebut ‘Gol Garis Gawang’, sebuah tendangan voli yang dilakukan saat bola hampir keluar dari garis gawang yang meluncur deras ke gawang, sebuah tendangan yang bukan saja sulit, tapi hampir tidak mungkin!

Tidak mungkin? Mungkin tidak! Buktinya terjadilah gol. Begitu juga dengan manusia dengan segala permasalahan yang dihadapinya. Masalah tidak terletak pada bagaimana posisi masalah itu, tetapi bagaimana manusia menghadapi dan memecahkannya. Sesulit apapun itu, dalam keadaan dan kondisi yang bagaimanapun, bila kita menghadapi masalah dengan tenang dan tahu bagaimana memposisikannya, maka rintangan dan halangan apapun akan diterjang, dan masalah akan diselesaikan dengan gemilang.

Roberto Carlos, seorang berkewarganegaraan Brazil dan Spanyol, memecahkan masalahnya dengan tendangan parabolik. Kita, menendang masalah dengan apa? Tentunya setiap orang berbeda-beda menyikapi suatu masalah. Dan yang perlu diingat lagi, masalahnya bukan terletak pada posisi bolanya. Masalahnya adalah bagaimana kita memecahkannya, tanpa membuat masalah baru ataupun memecahkan kepala sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya