Jumat, 26 Agustus 2011

Pelangi


Kadangkala, hujan memberikan manusia bonus tambahan pemandangan indah yang luar biasa. Itu adalah pelangi. Pelangi akan muncul jelas jika langit setelah hujan cerah tanpa awan yang bisa menutupinya. Kombinasi 7 warnanya terlihat berbentuk parabolik jika dilihat dari bumi.

Nah, orang Jawa menyebut pelangi dengan 2 jenisnya, yaitu Tejo dan Kluwung. Tejo adalah pelangi yang muncul di pagi hari, terletak di sebelah barat, dan hal ini sangat jarang dijumpai. Karena itulah, dalam kepercayaan Jawa, munculnya Tejo melambangkan keberuntungan bagi yang melihatnya, seperti munculnya pulung dengan lambang sebaliknya. Yah, orang Jawa jaman dulu emang kreatif membuat kepercayaan.

Kalo Kluwung, muncul di sore hari, ada di sebelah timur. Pelangi yang ini sering sekali kita dapati kemunculannya.

Sebab terbentuknya pelangi pasti bagi mereka yang pernah makan bangku sekolahan (gragas banget!) udah pada tahu. Bonus hujan ini, juga seperti keajaiban alam yang lain, seringkali mengilhami suatu karya seni, entah itu buku, film, lagu, atau lukisan.

La yang patut kita renungi adalah bagaimana pelangi itu tidak terbentuk secara kebetulan. Ada kekuatan besar yang menciptakannya. Kekuatan itu sudah tercantum dalam lagu Pelangi, dialah Allah.

Sayangnya, kadang kita terlena dengan perenungan ilmiah dan meninggalkan perenungan spiritual.

Repost dari blog sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya