Senin, 26 September 2011

Iklan Rokok

Salah satu iklan (di media apapun) yang paling kreatif adalah iklan rokok. Maklumlah, iklan rokok memang harus menarik masyarakat dengan iklan yang semenarik mungkin dalam waktu yang terbatas. Terutama untuk iklan di televisi, yang notabene iklan rokok tidak bisa tampil di siaran prime time, dan hanya bisa tampil setelah jam setengah 10 malam.

Kebanyakan iklan rokok di televisi yang sangat kreatif cukup bisa menarik masyarakat sehingga memunculkan beberapa istilah-istilah yang gampang diingat oleh masyarakat. Iklan tersebut sering dibuat berseri, bisa juga dibuat bersambung, serta menampilkan banyak tema yang seringnya gak nyambung dengan keberadaan dan manfaat rokok itu sendiri. Bisa juga menampilkan isu-isu dan kabar berita yang sedang berkembang saat ini. Sebuah iklan yang sangat mutakhir pula.

Iklan rokok pulalah yang sering mewarnai dunia sepakbola Indonesia di mana banyak sponsor rokok yang berebut menjadi sponsor klub. Itu bisa dipahami, mengingat porsi iklan yang sedemikian sedikitnya di media elektronik harus ditutupi dengan iklan di sektor yang lain. Perebutan pasar tersebut seringkali melibatkan pertarungan beberapa perusahaan besar pemain iklan. Contoh yang paling nyata bisa terlihat pada Liga Indonesia beberapa waktu yang lalu, di mana beberapa klub (yang disponsori oleh perusahaan rokok menolak menampilkan sponsor rokok (yang menjadi sponsor liga) di dalam stadion maupun display kostum serta merchandise mereka.

Yang pasti akibat dari sebuah iklan rokok bisa jadi contoh bagi iklan lainnya, di mana dengan mudah iklan rokok bisa melekat di ingatan pemirsanya karena punya ciri khas dan istilah-istilah yang mudah diingat. Selain itu, jarang juga ada iklan rokok dengan seri yang bertahan lama, karena seringnya beberapa iklan rokok tersebut akan segera berganti agar image iklan tersebut tetap segar dan menampilkan beberapa ide-ide baru, yang akan segera memenuhi ingatan para pemirsa, khususnya bagi pemirsa yang melihat televisi sampai malam hari (bahkan pagi hari). Meskipun sebenarnya, manfaat rokok akan tidak sebanding dengan apa yang diakibatkannya.

Dari Blog Sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya