Kamis, 04 Agustus 2016

Pelajaran Sekolah

Ada ilmuwan yang bilang, kalo sejarahnya manusia berasal dari kera. Selama bertahun-tahun, mengalami perubahan yang disebut evolusi. Masalahnya adalah, setelah ribuan tahun manusia pertama muncul di bumi, kenapa wujud manusia nggak berubah-ubah lagi? Siapa tau, setelah berevolusi, ada manusia yang jadi robot.

Dan parahnya, sampe sekarang kera juga masih ada. Apakah ini golongan kera yang nggak move on? Ada sih, manusia yang berubah. Berubah jadi siluman, mulai dari siluman harimau, siluman kera, sama siluman buaya darat.

Kata orang, sejarah bisa berulang. Ini sejarah aja sampe remedial. Jangan-jangan dia pas ujian, kenaikan tingkat dari kera menjadi manusia, dia gagal. Akhirnya setelah remedial, bukannya jadi manusia, eh malah jadi siluman.

Sejarah mencatat penemuan-penemuan penting dalam peradaban hidup manusia. Manusia menemukan tenaga listrik, telepon, mobil, internet, sampe teori evolusi. Listrik misalnya, ditemukan oleh Michael Faraday. Setelah ditemukan, beliau bingung, bayar listriknya di mana. Kan PLN belum ada. Atau telepon, yang ditemukan Alexander Graham Bell. Setelah ditemukan, beliau bingung, mau nelepon siapa. Kan di dunia baru dia yang punya telepon.

Tapi gini, apa yang terjadi, kalo sampe sekarang yang namanya listrik, telepon, atau internet belum ditemukan? Kita masih hidup dalam kegelapan, dan nggak bisa menghubungi sodara kita, yang lagi remedial sejarah.

Dan sementara pikiran kita masih menganggap nenek moyang kita adalah kera, sedangkan kera sendiri, nggak mau mengakui perbuatannya. Kan dia sekarang jadi siluman.

Di sekolah, pelajaran yang paling saya sukai adalah Matematika. Sayang, perasaan saya bertepuk sebelah tangan. Saya PDKT sama Matematika sejak kelas 1 sampe kelas 12. Nggak kena-kena! Akhirnya saya tau, kalo Matematika udah dijodohin. Saya taunya dari orangtuanya, Aljabar dan Berhitung. Kalo nggak salah dia dijodohin sama Fisika.

Selain Matematika, ada 2 pelajaran lagi yang saya sukai. Pertama, pelajaran kosong. Sejak kelas 1 sampe kelas 12, saya belum pernah ketemu gurunya.

Yang kedua adalah pelajaran Olahraga. Saya suka, soalnya nggak pernah ada PR. Pelajaran yang nggak ada PR itu juga penting, biar kalo kita olahraga lebih fokus, nggak mikirin PR. Juga biar PDKT sama Matematika lebih lancar. Lebih nggak fokus lagi kalo gurunya killer. Pas konsentrasi di kelas, baca buku pelajaran, eh ternyata gurunya Jack The Ripper. Apalagi dia ngajar pelajaran kosong.

Dulu ada pelajaran yang namanya Ilmu Bumi. Diganti namanya jadi Geografi, sejak negara api menyerang. Biar nggak ada yang tau, kalo para pengendali bumi masih hidup. Mungkin ada juga yang namanya Ilmu Air sama Ilmu Udara. Akhirnya digabung, jadi Fisika, calon suaminya Matematika.

2 komentar:

  1. Huahaha.. ternyata nenek moyang kita sebenernya siluman,njir!!. Nah iya tuh, gue juga suka pelajaran kosong, apalagi gak ada gurunya, hahaha..

    Eh, iya baru pertamakali mampir ke sini nih, salam kenal bro :), gue tunggu kunjungan baliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Bro atas kunjungannya. Kunjungan balik? Langsung ke TKP... :D (y)

      Hapus

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya