Jumat, 14 September 2012

Salah Nama

Gak tau kenapa, entah apa karena namaku kurang umum dipakai, ataukah karena pengucapanku kurang bisa didengar oleh orang lain, seringkali aku mengalami yang namanya salah tulis nama. Karena keperluan tertentu, seringkali aku ditanyain nama. Kadang aku sebut nama depan saja, atau nama belakang saja, atau lengkap. Hasilnya ternyata banyak orang yang salah menuliskan namaku didasarkan dari pengucapanku.

Makanya aku lebih suka menyodorkan kartu identitas ataupun tulisanku sendiri ketimbang diminta mengucapkannya. Untungnya di beberapa acara yang aku ikuti, para panitianya menuliskan namaku di daftar peserta berdasarkan formulir yang aku tulis sendiri, sehingga daftar namanya tidak salah tulis. Pernah sekali didaftarkan orang lain dengan nama yang salah, akibatnya namaku tidak berada di tempat yang semestinya sehingga agak kesulitan saat mencarinya.

Sebenarnya berdasarkan struktur pembentuk kata dari bahasa aslinya, nama depanku tidak bisa disebutkan terpisah dari nama belakangnya, karena selain nama depanku adalah kata sifat yang menerangkan kata benda di nama belakangku, nama depanku juga mengandung suku kata yang sebenarnya merupakan bagian tak terpisahkan dari kata dalam nama belakangku. Tapi wong namanya di Indonesia, nama panggilan apapun jadilah, tanpa pernah dipikirkan apa arti asli sebenarnya dari nama tersebut.

Arti nama itu masih penting.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya